Sabtu, 22 Oktober 2011

LATAR BELAKANG BERDIRINYA PONDOK PESANTREN MODERN AL-ISTIQAMAH

Pondok Pesanten Modern Al-istiqamah adalah suatu lembaga pendidikan yang terletak di desa Ngatabaru yang terletak kurang lebih 14 Km dari kota Palu atau yang lebih jelasnya terletak pada wilayah pekan penghijauan Nasional yang di resmikan oleh presiden Suharto pada tahun 1990. Tepat pada tanggal 2 mei 1993 KH.M.Arif Siraj Lc mulai mendirikan Pondok Pesantren Modern Al-istiqamah di atas tanah seluas kurang lebih 3 hektar. pondok ini adalah salah satu pondok alumni dari pondok modern darussalam gontor sebai upaya mewujudkan adanya seribu gontor di indonesia.
pada tanggal 11 juli 1998, pondok ini mulai membuka pendidikannya dan murid baru pada tahun itu berjumlah 17 orang. tingkat pendidikannya adalah Tarbiyyatul Mu’allimin Al-islamiyah yang harus di tempuh selama 6 tahun bagi tamatan SD/MI dan 4 tahun bagi tamatan SMP/MTS. Di Pondok ini tidak mengenal adanya garis dikhotomi antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum, yang mana keduanya di padukan secara penuh dengan menggunakan methode secara langsung (direct mehode) tanpa terjemahan kedalam bahasa indonesia bagi bahasa arab asing (Arabic dan Inggris) yang menjadikan santri belajar secara aktif.
proses pendidikan di pondok ini berlangsung selama 24 jam yang dipadukan dengan system asrama yang mna mereka tinggal langsung bersama guru mereka sehingga mereka bisa berkonsultasi kapanpun waktunya. pendidikan keterampilan,latiha pidato,kepramukaan,kesenian dan olah raga merupakan bagian dari kehidupan santri,sehingga apa mereka lihat,mereka dengar,dan mereka rasakan adalah pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar